Utama Bilik (07) Tadabbur Al-Quran BELAJAR IKHLAS DARI NABI MUSA ALAIHISSALAM

BELAJAR IKHLAS DARI NABI MUSA ALAIHISSALAM

177
0
Iklan

UiTO Channel: Tazkirah Harian

[Belajar Ikhlas Dari Nabi Musa Alaihissalam]

Allah azza wa jalla berfirman:

“Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh “ (QS: Al Qasas: 24)

Entah berapa kali kita melewati penggalan ayat diatas. Namun pernahkah kita menyadari bahwa penggalan ayat ini mengandung pelajaran yang luar biasa tentang keikhlasan. ?

Saat nabi Musa alaihissalam melihat dua wanita Madyan yang memerlukan pertolongan untuk memberi minum ternak mereka, beliau pun beranjak dari tempat bernaung lalu memenuhi hajat kedua wanita itu.

Setelah memberi minum ternak-ternak tersebut, nabi Musa kembali ke tempatnya semula tanpa sepatah kata terucap dari mulutnya. Dia tidak berlama-lama di depan kedua wanita yang ditolongnya itu, apalagi sampai menunggu kata syukron. Seolah ada isyarat bahwa bila engkau telah berbuat ihsan pada orang lain, maka berpalinglah darinya setelah keperluannya engkau penuhi, jangan membuat orang tersebut menatapmu malu, apalagi membuatnya terlihat lemah dan perlu bantuanmu.

Bantu saudaramu, setelah itu berlalulah… Tak usah menunggu balasan walau untuk seuntai kata, “Syukron atau terimah kasih”.

“Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah. Kami tidak mengharapkan balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.” (QS. Al-Insan: 9)

(Ustadz Aan Chandra Thalib)

Oleh : Pusat Buku Sunnah

Komen dan Soalan