Utama Bilik (11) Syarah Hadith 40 HADITH ARBA’IN – 9

HADITH ARBA’IN – 9

70
0

 

 

KEWAJIBAN MENINGGALKAN SEMUA LARANGAN DAN MELAKSANAKAN PERINTAH SESUAI KEMAMPUAN

 

أَبِي هُرَيْرَةَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ صَخْر رَضِيَ اللهُ

عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ

عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ

فَاجْتَنِبُوْهُ، وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَأْتُوا مِنْهُ مَا

اسْتَطَعْتُمْ، فَإِنَّمَا أَهْلَكَ الَّذِيْنَ مَنْ قَبْلَكُمْ كَثْرَةُ

مَسَائِلِهِمْ وَاخْتِلاَفُهُمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ .

[رواه البخاري ومسلم]

 

Terjemahan Hadits:

Dari Abu Hurairah Abdurrahman bin Sakhr radhiallahuanhu dia berkata : Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Apa yang aku larang hendaklah kalian menghindarinya dan apa yang aku perintahkan maka hendaklah kalian laksanakan semampu kalian. Sesungguhnya kehancuran orang-orang sebelum kalian adalah karena banyaknya pertanyaan mereka (yang tidak berguna) dan penentangan mereka terhadap nabi-nabi mereka.

(Riwayat Al Bukhari dan Muslim)

 

Catatan :

1. Wajibnya menghindari semua apa yang dilarang oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam.

 

2. Siapa yang tidak mampu melakukan perbuatan yang diperintahkan secara keseluruhan dan dia hanya mampu sebagiannya saja maka dia hendaknya melaksanakan apa yang dia mampu laksanakan.

 

3. Allah tidak akan membebankan kepada seseorang kecuali sesuai dengan kadar kemampuannya.

 

4. Perkara yang mudah tidak gugur kerana perkara yang sulit.Menolak keburukan lebih diutamakan dari mendatangkan kemaslahatan.

 

5. Larangan untuk saling bertikai dan anjuran untuk bersatu dan bersepakat.Wajib mengikuti Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam, ta’at dan menempuh jalan keselamatan dan kesuksesan.

 

6. Al Hafiz berkata : Dalam hadits ini terdapat isyarat untuk menyibukkan diri dengan perkara yang lebih penting yang diperlukan saat itu ketimbang perkara yang saat tersebut belum diperlukan.

 

 

“Perbuatan baik dapat dilakukan oleh semua orang; orang-orang baik dan jahat. Sedangkan menjauhi maksiat itu hanya ditinggalkan oleh orang-orang yang benar (jujur).”~ Sahl b Abdullah At Tusturi

 

“Sesungguhnya larangan itu lebih berat daripada perintah” ~ Imam Ahmad

 

“Dzikir kepada Allah dengan lidah itu baik, namun lebih baik lagi jika seorang hamba mengingat Allah ketika bermaksiat kemudian ia berhenti darinya” ~ Maimun b Mihran rh

Komen dan Soalan