Utama At-Tazkirah Qurthubi Tahqiq Kitab at Tazkirah lil Qurthubi: Bab 42 – Talqin Mayat

Tahqiq Kitab at Tazkirah lil Qurthubi: Bab 42 – Talqin Mayat

261
0
Iklan

โ˜˜๏ธ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟโ˜˜๏ธ

Tahqiq Kitab at Tazkirah lil Qurthubi

Kod/Bab 42-1: Talqin Mayat

(ุชู„ู‚ูŠู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุจุนุฏ ู…ูˆุชู‡)

Hadith Abu Umamah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ (Dhaif) Bahagian 1

Talqin menurut bahasa bermaksud mengajar atau memberi tutorial. Menurut istilah pula bermaksud mengajar atau menuntun orang yang sedang nazak atau baru dikuburkan dengan bacaan kalimah-kalimah tertentu. Oleh kerana Al Qurthubi bermazhab Malik, maka kita akan dapat ketahui apakah pendapat beliau dalam isu ini .

ุฐูƒุฑ ุฃุจูˆ ู…ุญู…ุฏ ุนุจุฏ ุงู„ุญู‚ ูŠุฑูˆูŠ ุนู† ุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉ ุงู„ุจุงู‡ู„ูŠ ู‚ุงู„ : ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… : ุฅุฐุง ู…ุงุช ุฃุญุฏูƒู… ูุณูˆูŠุชู… ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุชุฑุงุจ . ูู„ูŠู‚ู… ุฃุญุฏูƒู… ุนู„ู‰ ุฑุฃุณ ู‚ุจุฑู‡ ุŒ ุซู… ูŠู‚ูˆู„ : ูŠุง ูู„ุงู† ุงุจู† ูู„ุงู†ุฉ ูุฅู†ู‡ ูŠุณู…ุน ูˆ ู„ุง ูŠุฌูŠุจ ุŒ ุซู… ู„ูŠู‚ู„ : ูŠุง ูู„ุงู† ุงุจู† ูู„ุงู†ุฉ ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ ูุฅู†ู‡ ูŠุณุชูˆูŠ ู‚ุงุนุฏุงู‹ ุŒ ุซู… ูŠู‚ูˆู„ : ูŠุง ูู„ุงู† ุงุจู† ูู„ุงู†ุฉ ุงู„ุซุงู„ุซุฉ ูุฅู†ู‡ ูŠู‚ูˆู„ : ุฃุฑุดุฏู†ุง ุฑุญู…ูƒ ุงู„ู„ู‡ ุŒ ูˆ ู„ูƒู†ูƒู… ู„ุง ุชุณู…ุนูˆู† . ููŠู‚ูˆู„ : ุงุฐูƒุฑ ู…ุง ุฎุฑุฌุช ุนู„ูŠู‡ ู…ู† ุงู„ุฏู†ูŠุง : ุดู‡ุงุฏุฉ ุฃู† ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ ุŒ ูˆ ุฃู† ู…ุญู…ุฏุงู‹ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุŒ ูˆ ุฃู†ูƒ ุฑุถูŠุช ุจุงู„ู„ู‡ ุฑุจุงู‹ ุŒ ูˆ ุจุงู„ุฅุณู„ุงู… ุฏูŠู†ุงู‹ ุŒ ูˆ ุจู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ู†ุจูŠุงู‹ ุŒ ูˆ ุจุงู„ู‚ุฑุขู† ุฅู…ุงู…ุงู‹ ุŒ ูุฅู† ู…ู†ูƒุฑุงู‹ ูˆ ู†ูƒูŠุฑุงู‹ ูŠุชุฃุฎุฑ ูƒู„ ูˆุงุญุฏ ู…ู†ู‡ู…ุง . ูˆ ูŠู‚ูˆู„ : ุงู†ุทู„ู‚ ุจู†ุง ู…ุง ูŠู‚ุนุฏู†ุง ุนู†ุฏ ู‡ุฐุง ุŒ ูˆ ู‚ุฏ ู„ู‚ู† ุญุฌุชู‡ ุŒ ูˆ ูŠูƒูˆู† ุงู„ู„ู‡ ุญุฌูŠุฌู‡ู…ุง ุฏูˆู†ู‡ . ูู‚ุงู„ ุฑุฌู„ : ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ูุฅู† ู„ู… ุชุนุฑู ุฃู…ู‡ ุŸ ู‚ุงู„ : ูŠู†ุณุจู‡ ุฅู„ู‰ ุฃู…ู‡ ุญูˆุงุก .

Terjemahanโœ๏ธ:
Dinukil oleh Abu Muhammad Abdul Haq Al Isybil, Al Andalus (w. 581H) dalam kitabnya (Al Aqobah, 182):
Daripada Abu Umamah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ katanya: โ€œApabila saya meninggal dunia, maka lakukanlah untukku sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah ๏ทบ kepada kami untuk melakukannya terhadap orang-orang yang mati di antara kami dengan sabdanya โ€œApabila meninggal dunia salah seorang daripada saudara-saudara kamu, kalau kamu ratakan tanah di atas kuburnya maka hendaklah salah seorang daripada kamu bangkit berdiri pada bahagian kepala kuburnyaโ€. Kemudian hendaklah dia berkata, โ€œWahai Fulan bin Fulanah, sesungguhnya orang yang mati mendengarnya tetapi tidak menjawabnyaโ€. Kemudian dia berkata lagi, โ€œWahai Fulan bin Fulanah, sesungguhnya orang mati itu berkata, tunjukkanlah kami nescaya Allah โ€Ž๏ทป mengasihanimu, hanya kamu tidak merasakannyaโ€. Maka orang yang berdiri itu hendaklah berkata kepada orang yang mati itu, โ€œIngatlah apa yang pernah kamu lakukan selama hidup di dunia, seperti kesaksian bahawa tiada Tuhan melainkan Allah โ€Ž๏ทป dan bahawa sesungguhnya Muhammad ๏ทบ itu adalah hamba dan Rasul-Nya, dan bahawasanya engkau redha bahawa Allahโ€Ž ๏ทป adalah tuhanmu, Islam adalah agamamu, Muhammad ๏ทบ sebagai Nabimu dan Al-Qurโ€™an sebagai Imammu. Sesungguhnya Munkar dan Nakir, setiap satu daripadanya menarik tangan temannya sambil berkata, โ€œMarilah kita pergi menghindar daripada tempat kita di sisi orang yang telah diajarkan hujah. Berkatalah seorang lelaki (setelah mendengar sabda Rasulullah ๏ทบ): โ€œJika tidak diketahui nama ibunya?โ€. Baginda menjawab: โ€œDinisbahkan kepada ibunya, Hawaโ€. (Riwayat At-Thabarani, Muโ€™jam Al-Kabir) .

Hadith Abu Umamah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ (Dhaif) Bahagian 2: Status hadith Talqin

ู‚ู„ุช : ู‡ูƒุฐุง ุฐูƒุฑู‡ ุฃุจูˆ ู…ุญู…ุฏ ููŠ ูƒุชุงุจ ุงู„ุนุงู‚ุจุฉ ู„ู… ูŠุณู†ุฏู‡ ุฅู„ู‰ ูƒุชุงุจ ูˆ ู„ุง ุฅู„ู‰ ุฅู…ุงู… ุŒ ูˆ ุนุงุฏุชู‡ ููŠ ูƒุชุจู‡ ู†ุณุจุฉ ู…ุง ูŠุฐูƒุฑู‡ ู…ู† ุงู„ุญุฏูŠุซ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฃุฆู…ุฉ ุŒ ูˆ ู‡ุฐุง ูˆ ุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู… ุŒ ู†ู‚ู„ู‡ ู…ู† ุฅุญูŠุงุก ุนู„ูˆู… ุงู„ุฏูŠู† ู„ู„ุฅู…ุงู… ุฃุจูŠ ุญุงู…ุฏ ูู†ู‚ู„ู‡ ูƒู…ุง ูˆุฌุฏ ูˆ ู„ู… ูŠุฒุฏ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ู‡ูˆ ุญุฏูŠุซ ุบุฑูŠุจ

Saya (Al Qurthubi) katakan: Hadith (Abu Umamah) dinukil oleh Abu Muhammad (Al Isybili) dalam kitabnya Al Aqobah tanpa sanad kepada mana-mana kitab atau Imam, padahal beliau selalu bersanad dalam mengeluarkan sebarang hadith. Kemungkinan besar beliau mengutip daripada kitab Ihya’ Ulumiddin karya Imam Abu Hamid dalam Ihya’ Ulumiddin (4/492), di mana beliau memetik seadanya tanpa ulasan apa-apa. Hadith ini adalah ghareeb (indikasi dhaif di sisi Al Qurthubi sendiri) .

ุฎุฑุฌู‡ ุงู„ุซู‚ููŠ ููŠ ุงู„ุฃุฑุจุนูŠู† ู„ู‡ ุŒ ุฃู†ุจุฃู†ุงู‡ ุงู„ุดูŠุฎ ุงู„ู…ุณู† ุงู„ุญุงุฌ ุงู„ุฑูˆุงูŠุฉ : ุฃุจูˆ ู…ุญู…ุฏ ุนุจุฏ ุงู„ูˆู‡ุงุจ ุจู† ุธุงูุฑ ุจู† ุนู„ูŠ ุจู† ูุชูˆุญ ุจู† ุฃุจูŠ ุงู„ุญุณู† ุงู„ู‚ุฑุดูŠ ู€ ุนุฑู ุจุงุจู† ุฑูˆุงุญ ู€ ุจู…ุณุฌุฏู‡ ุจุซุบุฑ ุงู„ุฅุณูƒู†ุฏุฑูŠุฉ ุญู…ุงู‡ ุงู„ู„ู‡ ุŒ ูˆ ุงู„ุดูŠุฎ ุงู„ูู‚ูŠู‡ ุงู„ุฅู…ุงู… ู…ูุชูŠ ุงู„ุฃู†ุงู… ุฃุจูˆ ุงู„ุญุณู† ุนู„ูŠ ุจู† ู‡ุจุฉ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุจู…ู†ูŠุฉ ุงุจู† ุฎุตูŠุจ . ุนู„ู‰ ุธู‡ุฑ ุงู„ู†ูŠู„ ุจู‡ุง ู‚ุงู„ุง ุฌู…ูŠุนุงู‹ : ุญุฏุซู†ุง ุงู„ุดูŠุฎ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุญุงูุธ ุฃุจูˆ ุธุงู‡ุฑ ุฃุญู…ุฏ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุงู„ุณู„ููŠ ุงู„ุฃุตุจู‡ุงู†ูŠ ู‚ุงู„ุง : ุฃุฎุจุฑู†ุง ุงู„ุฑุฆูŠุณ ุฃุจูˆ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ู‚ุงุณู… ุจู† ุงู„ูุถู„ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ู…ุญู…ูˆุฏ ุงู„ุซู‚ููŠ ุจุฃุตุจู‡ุงู† . ุฃุฎุจุฑู†ุง ุฃุจูˆ ุนู„ูŠ ุงู„ุญุณูŠู† ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏุงู† ุงู„ุชุงุฌุฑ ุจู†ูŠุณุงุจูˆุฑ ุŒ ุญุฏุซู†ุง ุฃุจูˆ ุงู„ุนุจุงุณ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ูŠุนู‚ูˆุจ ุงู„ุฃุตู… ุŒ ุญุฏุซู†ุง ุฃุจูˆ ุงู„ุฏุฑุฏุงุก ู‡ุงุดู… ุจู† ูŠุนู„ู‰ ุงู„ุฃู†ุตุงุฑูŠ ุŒ ุญุฏุซู†ุง ุนุชุจุฉ ุจู† ุงู„ุณูƒู† ุงู„ูุฒุงุฑูŠ ุงู„ุญู…ุตูŠ ุŒ ุนู† ุฃุจูŠ ุฒูƒุฑูŠุง ุŒ ุนู† ุญู…ุงุฏ ุจู† ุฒูŠุฏ ุŒ ุนู† ุณุนูŠุฏ ุงู„ุฃุฒุฏูŠ ู‚ุงู„ : ุฏุฎู„ุช ุนู„ู‰ ุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉ ุงู„ุจุงู‡ู„ูŠ ูˆ ู‡ูˆ ููŠ ุงู„ู†ุฒุน ูู‚ุงู„ ู„ูŠ : ูŠุง ุณุนูŠุฏ ุฅุฐุง ุฃู†ุง ู…ุช ูุงุตู†ุนูˆุง ุจูŠ ูƒู…ุง ุฃู…ุฑู†ุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ุฃู† ู†ุตู†ุน ุจู…ูˆุชุงู†ุง . ูู‚ุงู„ : ุฅุฐุง ู…ุงุช ุงู„ุฑุฌู„ ู…ู†ูƒู… ูุฏูู†ุชู…ูˆู‡ ูู„ูŠู‚ู… ุฃุญุฏูƒู… ุนู†ุฏ ุฑุฃุณู‡ ูู„ูŠู‚ู„ : ูŠุง ูู„ุงู† ุงุจู† ูู„ุงู†ุฉ ูุฅู†ู‡ ุณูŠุณู…ุน

Kemudian Al Qurthubi menukil hadith ini daripada Al Thaqafi ( w. 486 Asfahan Iran, ุฃุจูˆ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ู‚ุงุณู… ุจู† ุงู„ูุถู„ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุงุจู† ู…ุญู…ูˆุฏ ุงู„ุซู‚ููŠ ุงู„ุฃุตุจู‡ุงู†ูŠ) dalam kitabnya Al Arba’in melalui sanad Ibn Rawah Al Qurashi (Iskandariah, Mesir) daripada Abul Hasan Ali Hibatullah daripada Abu Thahir Al Salafi Al Asbahani daripada Abdullah Al Thaqafi Al Asbaani daripada Ali Al Husin bin Abdul Rahman Al Nisabur daripada Muhammad bin Yaakub Al Asyam daripada Hasyim bin Ya’la Al Ansori daripada Utbah bin Al Sakan Al Himshi daripada Abi Zakariya daripada Hammad bin Zaid daripada Sa’id Al Uzdi daripada Abu Umamah Al Bahili.

Ulasan Al Qurthubi mengenai sanad Al Thaqafi :

ุญุฏูŠุซ ุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉ ููŠ ุงู„ู†ุฒุน ุบุฑูŠุจ ู…ู† ุญุฏูŠุซ ุญู…ุงุฏ ุจู† ุฒูŠุฏ ู…ุง ูƒุชุจู†ุงู‡ ุฅู„ุง ู…ู† ุญุฏูŠุซ ุณุนูŠุฏ ุงู„ุฃุฒุฏูŠ .

“Hadith Abu Umamah mengenai ehwal kematian (naza’) ini adalah ghareeb (dha’if), kami tidak menulisnya melainkan daripada sanad periwayatan Sa’id Al Azdi.

Takhrij dan tahqiq hadith Abu Umamahโœ๏ธ :ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ููŠ “ู…ุนุฌู…ู‡ ุงู„ูƒุจูŠุฑ no 7906

ุงู„ุฑุงูˆูŠ:ุฃุจูˆ ุฃู…ุงู…ุฉ ุงู„ุจุงู‡ู„ูŠ ุงู„ู…ุญุฏุซ:ุงุจู† ุงู„ู‚ูŠู… ุงู„ู…ุตุฏุฑ:ุชู‡ุฐูŠุจ ุงู„ุณู†ู† ุงู„ุฌุฒุก ุฃูˆ ุงู„ุตูุญุฉ:13/292 ุญูƒู… ุงู„ู…ุญุฏุซ:ู…ุชูู‚ ุนู„ู‰ ุถุนูู‡
ุงู„ุฑุงูˆูŠ:ุฃุจูˆ ุฃู…ุงู…ุฉ ุงู„ุจุงู‡ู„ูŠ (ุงู„ู„ุฌู†ุฉ ุงู„ุฏุงุฆู…ุฉ ู„ู„ุจุญูˆุซ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ ูˆุงู„ุฅูุชุงุก(7/327-328) ุงู„ู…ุฌู…ูˆุนุฉ ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ)
ู‚ุงู„ ุงู„ู†ูˆูˆูŠ ููŠ ” ุงู„ู…ุฌู…ูˆุน ” ( 5 / 304 ) ูˆุงู„ุนุฑุงู‚ูŠ ููŠ ” ุชุฎุฑูŠุฌ ุงู„ุฅุญูŠุงุก ” ( 4 / 420 ) : ” ุฅุณู†ุงุฏู‡ ุถุนูŠู ”

Tahqiq Imam Ibn Qayyim, Tahzib As Suan 12/292, disepakati ahli hadith di zaman beliau akan kedhaifannya
Tahqiq Lajnah Ad Daimah KSA, 7/328, dhaif semua sanad
Tahqiq Al Nawawi, Al Majmu’ 5/302, Al Iraqi, Takhrij Al Ihya’ 4/420, sanadnya dha’if.

Qaul Syaibah bin Abu Syaibah (Dhaif)

ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ู…ุญู…ุฏ ุนุจุฏ ุงู„ุญู‚ : ูˆ ู‚ุงู„ ุดูŠุจุฉ ุจู† ุฃุจูŠ ุดูŠุจุฉ : ุฃูˆุตุชู†ูŠ ุฃู…ูŠ ุนู†ุฏ ู…ูˆุชู‡ุง . ูู‚ุงู„ุช ู„ูŠ : ูŠุง ุจู†ูŠ ุฅุฐุง ุฏูู†ุชู†ูŠ ูู‚ู… ุนู†ุฏ ู‚ุจุฑูŠ ุŒ ูˆ ู‚ู„ ูŠุง ุฃู… ุดูŠุจุฉ ุŒ ู‚ูˆู„ูŠ : ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ . ุซู… ุงู†ุตุฑู ุŒ ูู„ู…ุง ูƒุงู† ู…ู† ุงู„ู„ูŠู„ ุฑุฃูŠุชู‡ุง ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ูู‚ุงู„ุช ู„ูŠ : ูŠุง ุจู†ูŠ ู„ู‚ุฏ ูƒุฏุช ุฃู† ุฃู‡ู„ูƒ . ู„ูˆู„ุง ุฃู† ุชุฏุงุฑูƒุชู†ูŠ ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ . ูู„ู‚ุฏ ุญูุธุชู†ูŠ ููŠ ูˆุตูŠุชูŠ ูŠุง ุจู†ูŠ .

Berkata Abu Muhammad Abdul Haq (Al Isybili, Andalusia, w. 581H) berkata Syaibah bin Abu Syaibah (menurut Ibn Qayyim, Ar Ruh, bukan Syaibah tetapi Syabib bin Syaibah, Basrah, w. 170H, Thiqah),” Ibuku telah berpesan kepadaku ketika dia di ambang mautnya,” Hai anakku, apabila kamu selesai menguburkan daku, maka berdirilah di sisi kuburku dan ucapkan kepadaku, Wahai ummu Syaibah, ucapkan ( ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡) kemudian beredarlah.”
Maka aku (Syaibah) telah melaksanakan wasiat tersebut. Dan pada malamnya aku bermimpi, ibuku datang kepadaku dan berkata,” Hai anakku, hampir sahaja aku kecelakaan andainya kamu tidak mengajarkan aku ( ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡), kamu telah benar-benar menunaikan wasiatku, wahai anakku.”

Ulasan muhaqqiqโœ๏ธ: Dr Saddiq Ibrahim, ianya kata-kata tabi’ tabi’in (Syabib) dan ia adalah thabit melalui mimpi, sedangkan mimpi bukanlah sumber hukum fiqh .

Qaul Syaikh Ahmad Al Qurthubi

ู‚ุงู„ ุงู„ู…ุคู„ู : ู‚ุงู„ ุดูŠุฎู†ุง ุฃุจูˆ ุงู„ุนุจุงุณ ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุนู…ุฑ ุงู„ู‚ุฑุทุจูŠ : ูŠู†ุจุบูŠ ุฃู† ูŠุฑุดุฏ ุงู„ู…ูŠุช ููŠ ู‚ุจุฑู‡ ุญูŠุซ ูŠูˆุถุน ููŠู‡ ุฅู„ู‰ ุฌูˆุงุจ ุงู„ุณุคุงู„ ุŒ ูˆ ูŠุฐูƒุฑ ุจุฐู„ูƒ ููŠู‚ุงู„ ู„ู‡ : ู‚ู„ ุงู„ู„ู‡ ุฑุจูŠ . ูˆ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุฏูŠู†ูŠ . ูˆ ู…ุญู…ุฏ ุฑุณูˆู„ูŠ ูุฅู†ู‡ ุนู† ุฐู„ูƒ ูŠุณุฃู„ . ูƒู…ุง ุฌุงุกุช ุจู‡ ุงู„ุฃุฎุจุงุฑ ุนู„ู‰ ู…ุง ูŠุฃุชูŠ ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡

Barkata guru kami (guru kepada Imam Al Qurthubi), Syaikh Abu Al Abbas Ahmad bin Umar Al Qurthubi ( Iskandariah,W. 656H),” Mayat yang sudah disemadikan dalam kuburnya, hendaklah dibimbing kepada jawapan daripada pertanyaan Mungkar Nakir,” Katakan, Allah Tuhanku, Islam agamaku, dan Muhammad Rasulku.” Sesungguhnya mayat akan ditanya dengan soalan-soalan seperti itu sebagaimana masyhur dalam banyak khabar-khabar .

*โœ๏ธ Kesimpulan dalam mazhab Maliki, amalan di Cordova, Talqin mayat adalah dianjurkan .

Hujah mazhab Maliki akan anjuran Talqin Mayat

. ูˆ ู‚ุฏ ุฌุฑู‰ ุงู„ุนู…ู„ ุนู†ุฏู†ุง ุจู‚ุฑุทุจุฉ ูƒุฐู„ูƒ . ููŠู‚ุงู„ : ู‚ู„ ู‡ูˆ ู…ุญู…ุฏ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ูˆ ุฐู„ูƒ ุนู†ุฏ ู‡ูŠู„ ุงู„ุชุฑุงุจ ูˆ ู„ุง ูŠุนุงุฑุถ ู‡ุฐุง ุจู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ : ูˆ ู…ุง ุฃู†ุช ุจู…ุณู…ุน ู…ู† ููŠ ุงู„ู‚ุจูˆุฑ . ูˆ ู‚ูˆู„ู‡ : ุฅู†ูƒ ู„ุง ุชุณู…ุน ุงู„ู…ูˆุชู‰ ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ู‚ุฏ ู†ุงุฏู‰ ุฃู‡ู„ ุงู„ู‚ู„ูŠุจ ูˆ ุฃุณู…ุนู‡ู… ูˆ ู‚ุงู„ : ู…ุง ุฃู†ุชู… ุจุฃุณู…ุน . ูˆ ู„ูƒู†ู‡ู… ู„ุง ูŠุณุชุทูŠุนูˆู† ุฌูˆุงุจุงู‹ ุŒ ูˆ ู‚ุฏ ู‚ุงู„ ููŠ ุงู„ู…ูŠุช : ุฅู†ู‡ ู„ูŠุณู…ุน ู‚ุฑุน ู†ุนุงู„ู‡ู… . ูˆ ุฃู† ู‡ุฐุง ูŠูƒูˆู† ููŠ ุญุงู„ ุฏูˆู† ุญุงู„ ูˆ ูˆู‚ุช ุฏูˆู† ูˆู‚ุช . ูˆุณูŠุฃุชูŠ ุงุณุชูŠูุงุก ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุนู†ู‰ ููŠ ุจุงุจ : ู…ุง ุฌุงุก ุฃู† ุงู„ู…ูŠุช ูŠุณู…ุน ู…ุง ูŠู‚ุงู„ : ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡ .

Amalan talqin mayat memang lumrah diamalkan di Cordova (Sepanyol), yakni mayat akan ditalqinkan, ” Katakan, dia adalah Muhammad Rasulullah ๏ทบ”. Ia ditalqinkan ketika mayat selesai ditimbus oleh tanah. Bahkan ini tidak bertentangan dengan firman Allah โ€Ž๏ทป ,

ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุจูู…ูุณู’ู…ูุนู ู…ูŽู†ู’ ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูุจููˆุฑู

Dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang di dalam kubur dapat mendengar [ Fathir: 22 ]

ููŽุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ู„ูŽุง ุชูุณู’ู…ูุนู ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชูŽู‰ูฐ

Maka Sesungguhnya kamu tidak akan sanggup menjadikan orang-orang yang mati itu dapat mendengar [ Ar Rum: 52 ]

Antara dalil-dalil di sisi mazhab Maliki bahawa mayat dapat mendengar (talqin):

Hadith pertama: Nabi ๏ทบ menyeru mayat di telaga Al Qalib (di Badar, berdekatan Madinah), di mana Nabi ๏ทบ menyeru nama-nama pemimpin besar Quraisy yang terbunuh pada perang Badar yang dibuang ke dalam telaga Al Qalib, para sahabat merasa aneh apakah mayat mampu mendengar panggilan orang hidup, Nabi ๏ทบ menjelaskan,” (ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ู†ูŽูู’ุณููŠู’ ุจููŠูŽุฏูู‡ู ู…ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุจูุฃูŽุณู’ู…ูŽุนูŽ ู„ูู…ูŽุง ุฃูŽู‚ููˆู’ู„ู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ู„ุงูŽ ูŠูุฌููŠู’ุจููˆู’ู†ูŽ) =”Demi Dzat yang nyawaku berada di tangannya. Kalian tidak lebih mampu mendengar terhadap ucapanku daripada mereka. Namun mereka tidak mampu menjawab” [Sahih Al Bukhari, 1370; Sahih Muslim 2873 daripada Ibn Umar ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ]

Hadith ke dua: Mayat dapat mendengar bunyi sandal/kasut orang yang meninggalkan kubur
“Hingga dia benar-benar mendengar bunyi sandal mereka beredar (dari kubur) “[ ูˆุฅู†ู‡ ู„ูŠุณู…ุนู ู‚ูŽุฑู’ุนูŽ ู†ุนุงู„ูู‡ู…] ( HR Bukhari 1374 ; Muslim 2780 daripada Anas ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ )

Radd/bantahanโœ๏ธ:
1โƒฃ. Hukum asal, mayat tidak dapat mendengar akan apa yang berlaku di alam dunia.
2โƒฃ. Hadith mayat di Badar dapat mendengar adalah khusus untuk Nabi ๏ทบ sahaja sebagai kehinaan kepada orang kafir Quraish
3โƒฃ.Hadith si mayat dapat mendengar bunyi kasut dan sandal orang yang beredar pulang itu hanya apa yang dikhususkan oleh Nabi ๏ทบ tidak mencakupi yang lain.
(Fatwa lajnah Ad Daimah, no 7366)

* Dalam fiqh sunnah, mayat tidak mampu mendengar bacaan Talqin.

#Ilmu
#Amal
#Prihatin

Komen dan Soalan