Utama Tazkirah Admin BAU BUSUK ORANG YANG MENGGHIBAH

BAU BUSUK ORANG YANG MENGGHIBAH

412
0
Iklan

UiTO Channel: Tazkirah Harian:

BAU BUSUK ORANG YANG MENGGHIBAH
Segala puji hanyalah milik Allah. Shalawat dan salam untuk Rasulullah. Amma ba’du!

Saudaraku seislam yang saya cintai, semoga Allah memberikan kepada kita kefahaman dan manfaat dari salah satu hadits Rasulullah ~shallallahu ‘alaihi wa sallama~ berikut :

Jabir bin Abdullah ~radhiyallahu ‘anhuma~ mengatakan :

كُنَّا مَعَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَارْتَفَعَتْ رِيحُ جِيفَةٍ مُنْتِنَةٍ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَتَدْرُونَ مَا هَذِهِ الرِّيحُ هَذِهِ رِيحُ الَّذِينَ يَغْتَابُونَ الْمُؤْمِنِينَ

Kami pernah bersama Nabi ~shallallahu ‘alaihi wa sallam~, tiba-tiba tercium bau bangkai busuk yang menusuk hidung. Kemudian Rasulullah ~shallallahu ‘alaihi wa sallam~ bersabda, ‘Tahukah kamu, bau apakah ini? Ini adalah bau orang-orang yang mengghibah kaum mu’minin.’”

[HR. Ahmad ~rahimahullah~ dalam musnadnya no. 15164 dan dinilai Hasan lighairihi oleh Syaikh al-Albani ~rahimahulloh~ dalam Shahih at-Targhib wat Tarhib no. 2840.]

Saudaraku seislam yang saya muliakan, renungilah hadits yang mulia tersebut. Betapa jeleknya perbuatan ghibah/menggunjing dan efeknya itu. Bagaimana jadinya jika bau orang-orang yang mengghibah/menggunjing kaum mu’minin di masa ini dimunculkan Allah Ta’aala sebagaimana pernah terjadi di masa Rasulullah ~shallallahu ‘alaihi wa sallam~? Niscaya betapa ‘baunya’ bumi yang kita tinggali ini. Dan sungguh tidak ada seorangpun yang akan merasa nyaman hidup di dalamnya walau ia tinggal di pabrik minyak wangi sekalipun. Wallahul musta’an!

Demikian dapat disampaikan. Semoga Allah melindungi kita dari semua perkara-perkara yang mengundang murka dan siksa-Nya..

Wa shallallahu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

___ 🍃🍀🍃 ___

Ghibah kata Imam Nawawi adalah menyebutkan kejelekan (keburukan) orang lain di saat ia tidak ada saat pembicaraan. (Syarh Shahih Muslim, 16: 129).

Sumber : https://rumaysho.com/9198-ghibah-itu-apa.html

Komen dan Soalan