Utama Bilik (08) Riyadhus Solihin Hadith 151: Antara Sifat Munafik Dan Tanggungjawab

Hadith 151: Antara Sifat Munafik Dan Tanggungjawab

405
0
Who am i ?
Iklan

Panel: Cikgu Rahim

151. Dari Abu Rib’i yaitu Hanzhalah bin Arrabi’ al-Usayyidi al-Katib, salah seorang diantara jurutulisnya Rasulullah s.a.w..katanya: “Abu Bakar bertemu denganku, lalu ia berkata: Bagaimanakah keadaanmu hai Hanzhalah.” Saya menjawab: “Hanzhalah takut pada dirinya sendiri kalau sampai menjadi seorang munafik.” Abu Bakar berkata lagi: “Subhanallah – sebagai tanda keheranan, apakah yang kau ucapkan itu?” Saya menjawab: “Semula kita berada di sisi Rasulullah s.a.w. Beliau mengingat-ingatkan kepada kita perihal syurga dan neraka, seolah-olah keduanya itu benar-benar dapat dilihat-tampak di mata. Tetapi setelah kita keluar dari sisi Rasulullah s.a.w., kita masih juga bermain-main dengan isteri-isteri, anak-anak dan mengurus berbagai harta – untuk kehidupan kita di dunia ini, sehingga dengan demikian, banyak yang kita lupakan – tentang hal syurga dan neraka tadi.” Abu Bakar lalu berkata: “Demi Allah, sesungguhnya kami sendiripun pernah mengalami seperti yang kau alami itu.” Selanjutnya saya dan Abu Bakar berangkat bersama sampai masuk ke tempat Rasulullah s.a.w. lalu saya berkata: “Hanzhalah takut pada dirinya sendiri kalau sampai menjadi seorang munafik, ya Rasulullah.” Rasulullah s.a.w. lalu bertanya: “Mengapa demikian?” Saya menjawab: “Ya Rasulullah kita semula ada di sisi Tuan dan Tuan mengingat-ingatkan kepada kita perihal neraka dan syurga seolah-olah keduanya itu dapat dilihat oleh mata. Tetapi setelah kita keluar dari sisi Tuan, kitapun masih juga bermain-main dengan isteri-isteri, anak-anak serta mengurus pula berbagai harta, sehingga karena itu, banyak yang kita lupakan tentang keduanya tadi.” Setelah itu Rasulullah s.a.w. bersabda: “Demi Zat yang jiwaku ada didalam genggaman kekuasaanNya, jikalau engkau semua tetap sebagaimana hal keadaanmu di sisiku dan juga senantiasa berzikir – ingat kepada Allah, niscayalah malaikat-malaikat itu menjabat tanganmu semua, baik ketika engkau ada di hamparanmu – sedang tidur, juga ketika ada di jalananmu – sedang berjalan-jalan. Tetapi, hai Hanzhalah, sesaat dan sesaat – maksudnya sesaat untuk melakukan peribadatan kepada Allah dan sesaat lagi untuk mengurus segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia dalam kehidupannya, mencari sandang pangan dan lain-lain.” Ini disabdakan beliau s.a.w. tiga kali. (Riwayat Muslim)

Pengajaran hadith

๐Ÿ”ด Dianjurkan kita bertanya perihal saudara kita.

๐Ÿ”ด Setiap orang hendaklah muhassabah diri sendiri.

๐Ÿ”ด Boleh ucap subhanallah ketika kehairanan terhadap sesuatu.

๐Ÿ”ด Orang alim seharusnya berusaha melembutkan hati para sahabatnya dan ingatkan perkara-perkara yang dapat menyucikan diri.

๐Ÿ”ด Orang alim bersikap bijak mencari penyelesaian dalam segala urusan.

๐Ÿ”ด Dunia melalaikan seseorang dari kehidupan akhirat. Bagi orang sedar kelalaian diri, dia akan selamat.

๐Ÿ”ด Hati manusia sentiasa berubah-ubah…

๐Ÿ”ด Selalu berzikir dan merasa pengawasan Allah dan tidak pernah lelah dan berputus asa dalam mengingatiNya adalah sifat malaikat.

๐Ÿ”ด Orang yang berakal seharus membahagikan waktu dengan baik; waktu munajat, waktu muhassabah, waktu tafakkur, waktu mengurus diri…

๐Ÿ”ด Islam agama fitrah, sederhana dan penuh keseimbangan.

๐Ÿ”ด Islam agama yang menggabungkan keperluan dunia dan akhirat, serta menyatukan tuntutan roh dan jasad.

Sekian.

ยซ151ยป ูˆุนู† ุฃุจูŠ ุฑูุจุนููŠ ุญู†ุธู„ุฉ ุจู†ู ุงู„ุฑุจูŠุนู ุงู„ุฃูุณูŽูŠู‘ูุฏููŠู‘ู ุงู„ูƒุงุชุจ ุฃุญุฏู ูƒุชู‘ุงุจ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู„ูŽู‚ููŠูŽู†ููŠ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ูƒูŽูŠู’ููŽ ุฃู†ู’ุชูŽ ูŠูŽุง ุญู†ู’ุธูŽู„ูŽุฉูุŸ ู‚ูู„ู’ุชู: ู†ูŽุงููŽู‚ูŽ ุญูŽู†ู’ุธูŽู„ูŽุฉู! ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‡ ู…ูŽุง ุชูŽู‚ููˆู„ูุŸ! ู‚ูู„ู’ุชู: ู†ูŽูƒููˆู†ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠูุฐูŽูƒู‘ูุฑูู†ูŽุง ุจุงู„ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ูƒุฃู†ู‘ูŽุง ุฑูŽุฃูŠูŽ ุนูŽูŠู’ู†ู ูุฅูุฐูŽุง ุฎูŽุฑูŽุฌู’ู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุนูู†ู’ุฏู ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนูŽุงููŽุณู’ู†ูŽุง ุงู„ุฃูŽุฒู’ูˆุงุฌูŽ ูˆูŽุงู„ุฃูŽูˆู’ู„ุงูŽุฏูŽ ูˆูŽุงู„ุถู‘ูŽูŠู’ุนูŽุงุชู ู†ูŽุณูŠู†ูŽุง ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุงุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูƒุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡: ููŽูˆูŽุงู„ู„ู‡ ุฅู†ู‘ูŽุง ู„ูŽู†ูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ู…ูุซู’ู„ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ูุงู†ู’ุทูŽู„ูŽู‚ู’ุชู ุฃูŽู†ูŽุง ูˆุฃุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฏูŽุฎูŽู„ู’ู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. ูู‚ูู„ู’ุชู: ู†ูŽุงููŽู‚ูŽ ุญูŽู†ู’ุธูŽู„ูŽุฉู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ู! ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ((ูˆูŽู…ูŽุง ุฐูŽุงูƒูŽุŸ)) ู‚ูู„ู’ุชู: ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ูุŒ ู†ูŽูƒููˆู†ู ุนูู†ู’ุฏูŽูƒูŽ ุชูุฐูŽูƒู‘ูุฑูู†ูŽุง ุจูุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ูˆุงู„ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ูƒุฃู†ู‘ูŽุง ุฑูŽุฃูŠูŽ ุงู„ุนูŽูŠู’ู† ูุฅูุฐูŽุง ุฎูŽุฑูŽุฌู’ู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุนูู†ู’ุฏููƒูŽ ุนูŽุงููŽุณู’ู†ูŽุง ุงู„ุฃูŽุฒู’ูˆุงุฌูŽ ูˆูŽุงู„ุฃูŽูˆู’ู„ุงูŽุฏูŽ ูˆูŽุงู„ุถู‘ูŽูŠู’ุนูŽุงุชู ู†ูŽุณูŠู†ูŽุง ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุง. ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ((ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู†ูŽูู’ุณูŠ ุจููŠูŽุฏูู‡ูุŒ ู„ูŽูˆู’ ุชูŽุฏููˆู…ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุชูŽูƒููˆู†ูˆู†ูŽ ุนูู†ู’ุฏููŠุŒ ูˆูŽููŠ ุงู„ุฐู‘ููƒู’ุฑุŒ ู„ุตูŽุงููŽุญูŽุชู’ูƒูู…ู ุงู„ู…ู„ุงุฆููƒูŽุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ ููุฑูุดููƒูู…ู’ ูˆูŽููŠ ุทูุฑูู‚ููƒูู…ู’ุŒ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ูŠูŽุง ุญูŽู†ู’ุธูŽู„ูŽุฉู ุณูŽุงุนูŽุฉู‹ ูˆุณูŽุงุนูŽุฉู‹)) ุซูŽู„ุงูŽุซูŽ ู…ูŽุฑูŽุงุช. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู….
ู‚ูˆู„ูู‡ู: ((ุฑูุจู’ุนููŠู‘ูŒ)) ุจููƒุณุฑ ุงู„ุฑุงุก. ูˆูŽ((ุงู„ุฃูุณูŽูŠู‘ูุฏููŠ)) ุจุถู… ุงู„ู‡ู…ุฒุฉ ูˆูุชุญ ุงู„ุณูŠู† ูˆุจุนุฏู‡ุง ูŠุงุก ู…ูƒุณูˆุฑุฉ ู…ุดุฏุฏุฉ. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ((ุนูŽุงููŽุณู’ู†ูŽุง)) ู‡ููˆูŽ ุจูุงู„ุนูŠู†ู ูˆุงู„ุณูŠู†ู ุงู„ู…ู‡ู…ู„ุชูŠู† ุฃูŠ: ุนุงู„ุฌู†ุง ูˆู„ุงุนุจู†ุง. ูˆูŽ((ุงู„ุถู‘ูŽูŠู’ุนุงุชู)): ุงู„ู…ุนุงูŠุด.
ู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ((ุณุงุนุฉ ูˆุณุงุนุฉ))ุŒ ุฃูŠ: ุณุงุนุฉ ู„ุฃุฏุงุก ุงู„ุนุจูˆุฏูŠุฉุŒ ูˆุณุงุนุฉ ู„ู„ู‚ูŠุงู… ุจู…ุง ูŠุญุชุงุฌู‡ ุงู„ุฅู†ุณุงู†.
ู‚ุงู„ ุจุนุถ ุงู„ุนุงุฑููŠู†: ุงู„ุญุงู„ ุงู„ุชูŠ ูŠุฌุฏูˆู†ู‡ุง ุนู†ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆููŠ ุงู„ุฐูƒุฑ ู…ูˆุงุฌูŠุฏุŒ ูˆุงู„ู…ูˆุงุฌูŠุฏ ุชุฌูŠุก ูˆุชุฐู‡ุจุŒ ูˆุฃู…ุง ุงู„ู…ุนุฑูุฉุŒ ูู‡ูŠ ุซุงุจุชุฉ ู„ุง ุชุฒูˆู„.
ูˆููŠ ุญุฏูŠุซ ุฃุจูŠ ุฐุฑ ุงู„ู…ุดู‡ูˆุฑ: ((ูˆุนู„ู‰ ุงู„ุนุงู‚ู„ ุฃู†ู’ ูŠูƒูˆู† ู„ู‡ ุณุงุนุงุชุŒ ุณุงุนุฉ ูŠู†ุงุฌูŠ ููŠู‡ุง ุฑุจู‡ุŒ ูˆุณุงุนุฉ ูŠุญุงุณุจ ููŠู‡ุง ู†ูุณู‡ุŒ ูˆุณุงุนุฉ ูŠููƒูŽู‘ุฑ ููŠู‡ุง ููŠ ุณู…ุน ุงู„ู„ู‡ ุฅู„ูŠู‡ุŒ ูˆุณุงุนุฉ ูŠุฎู„ูˆ ููŠู‡ุง ู„ุญุงุฌุชู‡ ู…ู† ู…ุทุนู… ูˆู…ุดุฑุจ)). ูˆุจุงู„ู„ู‡ ุงู„ุชูˆููŠู‚.

Komen dan Soalan