Utama Tazkirah Admin 🍃 HUSNUL KHATIMAH

🍃 HUSNUL KHATIMAH

167
0
Iklan

UiTO Channel: Tazkirah Harian

🍃 HUSNUL KHATIMAH

❁ ❁ ❁ ❁
📃 Al-Imâm Ibnu Sunnî, salah seorang imam ahli hadits yang terkenal, beliau memiliki buku yang begitu berharga, judulnya “Amalul Yaum wal Lailah”. Beliau adalah salah satu murid Imam an-Nasa’i.
Dengan fadhilah dari Allâh, kemudian dengan jerih payah beliau, Allâh menjaga bagi kita buku “Sunan an-Nasâ’i” yang judul aslinya adalah “al-Mujtabâ” atau “al-Mujtanâ”.

💬 Putera beliau menceritakan, sebagaimana tercantum di dalam “Siyar A’lâmin Nubalâ” (XVI/256) :

“Ayahku rahimahullâhu biasa menulis hadits-hadits Nabi. Pada suatu ketika disaat beliau sedang menulis, beliau meletakkan pena beliau ke dalam wadah tinta lalu beliau menengadahkan tangan sembari berdoa kepada Allah Azza wa Jalla, kemudian beliau meninggal seketika itu dalam keadaan berdoa. Kejadian ini terjadi pada tahun 364 H.”

👐🏻 Ya Allah, berikanlah kami taufik di dalam kebaikan, dan tutuplah usia kami di atas kebaikan, serta jadikanlah kami di akhirat termasuk golongan yang Engkau sebut di dalam Al-Qur’ân :

للذين أحسنوا الحسنى وزيادة

“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya.” (QS Yunus : 26).
Allahuma Amin.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
خاتمةٌ حسنةٌ

الإمام ابن السُّنِّي إمامٌ محدِّثٌ معروفٌ، له كتابٌ جليلُ القدر اسمه “عمل اليوم والليلة” وهو من تلاميذ الإمام النسائي، وبفضل الله ثم بجهده حفِظَ الله لنا كتاب “سنن النسائي” المسمى بالمجتبى أو المجتنى

قال ولده كما في سير أعلام النبلاء ١٦ / ٢٥٦:
كان أبي رحمه الله يكتب الأحاديث، وبينما هو يكتب إذ وضع القلم في أنبوبة المِحْبَرَة، ثم رفع يديه يدعو الله عزَّ وجلَّ فمات وهو يدعو، وذلك عام ٣٦٤هـ

اللهمَّ وفِّقنا للإحسان، واختم لنا بالحسنى، واجعلنا في الآخرة ممن قلت عنهم ﴿للذين أحسنوا الحسنى وزيادة﴾ اللهمَّ آمين

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

✏ @abinyasalma

#⃣ Channel Telegram Al-Wasathiyah wal I’tidâl (https://telegram.me/abusalmamuhammad)

Komen dan Soalan